Minggu, 02 Juni 2013

PENYALIBAN YESUS : FAKTA ATAUKAH KEBOHONGAN



PENYALIBAN YESUS : FAKTA ATAUkah KEBOHONGAN ?

Di Kristen ada istilah memperingati hari wafat Isa Almasih, ini kurang tepat, karena menurut aqidah Islam, Nabi Isa alaihissalam tidak mati dan tidak pula disalib. Agama yang meyakini kematian Yesus di tiang salib adalah Kristen. Maka istilah yang lebih tepat adalah Hari Kematian Yesus Kristus. Karena dalam pandangan Kristen, Yesus adalah salah satu oknum Tuhan, maka istilah yang lebih pas lagi adalah "Hari Ulang Tahun Kematian Tuhan Kristiani."
Di kalangan Kristen, hari kematian Yesus itu masyhur dengan sebutan Jum'at Agung.

Ulang tahun kematian Yesus di tiang salib adalah salah satu inti iman Kristiani. Dalam 12 Pengakuan Iman Rasuli (Credo Nicaeano-Constantinopolitanum), umat Kristen memakai tiga perkataan untuk menekankan keyakinan akan kematian Yesus: "Dan kepada Yesus Kristus, Anaknya yang tunggal, Tuhan kita... disalibkan, mati dan dikuburkan, turun ke dalam kerajaan maut."

Sedemikian pentingnya makna salib dalam iman kristiani, sehingga tanpa adanya penyaliban Yesus, maka gugurlah keyakinan Kristen tentang dosa waris, penebusan dosa, Trinitas, dan ketuhanan Yesus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar